Saturday, May 16, 2009

2 Juta Perempuan Menderita Kanker Payudara


JAKARTA - Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ) mencatat, sebanyak 2 juta perempuan Indonesia menderita panyakit kanker payudara !!. Jumlah tersebut, 1 persen dari 200 juta jumlah penduduk di Indonesia dan mereka tersebar di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan sebagainya. Penderita kanker ini rata-rata perempuan berusia 30-40 tahun.

"Penyakit ini sangat rentan terjadi kepada mereka yang tidak menyusui anaknya dan perempuan yang tidak menikah. Penyebabnya sangat banyak, di antaranya karena faktor makanan, lingkungan dan yang paling cepat karena faktor keturunan," ujar Ketua Umum YKPJ Linda Agum Gumelar usai acara Pita Pink Fun Walk 2007 Jalan Sehat Amal di Halaman Grand Indonesia yang diikuti 2.000 peserta di Jakarta.

Selain dihadiri ribuan warga Jakarta, acara tersebut turut dimeriahkan sejumlah artis Ibu Kota seperti Novita Angie, Tika Panggabean, Andien, Sopi Napita, Widi Mulya, Mike Idol, Terry, artis senior Rima Melati yang Wakil Ketua YKPJ dan lain sebagainya.

Menurut Linda Agum Gumelar, kanker payudara ini adalah salah satu dari beberapa penyakit kanker payudara yang paling ganas dan telah memakan korban yang tidak sedikit karena keterlambatan dan penanganan yang tepat dan cepat. Bahkan jika diurutkan dari 10 penyakit, penyakit kanker payudara menduduki posisi kedua setelah kanker rahim. "Biasanya, gejala awal terjadi pembengkakan di payudara. Jika sudah demikian, segera pergi ke dokter untuk diperiksa," katanya.

Tim Medis YKPJ dr Indah mengatakan, sejak 2003 yayasan ini sudah memberikan penyuluhan dan sosialisasi kepada wanita Indonesia khususnya bagi mereka yang menderita penyakit kanker payudara. Bahkan, yayasan ini sudah menyediakan layanan mobil Mammografi untuk memberikan pelayanan deteksi dini kanker payudara dengan cara berkeliling. "Sejak Oktober 2005 hingga Juni 2007 sekitar 1.000 perempuan telah menggunakan jasa layanan mobil Mammografi tersebut," ungkapnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat khususnya perempuan untuk melakukan pemeriksaan mammografi sekarang juga karena apabila kanker payudara ditemukan sedini mungkin mengobatannya akan lebih efesien, lebih berhasil, dan lebih aman. "Silahkan menghubungi kami di sekertariat YKPJ . Syaratnya minimal harus 20 orang peserta," tambahnya.
(Moch Yamin/Sindo/mbs)
sumber : http://lifestyle.okezone.com!!

berita lainnya : deteksi dini kelainan payudara .

2 Juta Perempuan Menderita Kanker PayudaraSocialTwist Tell-a-Friend

2 comments:

armouris said...

info tentang kanser payudara kat sini - Pengesanan Awal Kanser Payudara

obat kanker said...

perempuan usia 20 apakah bisa kena kanker payu dara? saya wanita umur 18,saya jadi takut