Friday, July 16, 2010

Apa sih manfaat senam kegel ?

Setelah melahirkan dan memiliki bayi, tubuh wanita akan mengalami perubahan. Masalah yang timbul setelah menjadi ibu diantaranya varises, pinggul membesar, kelebihan berat badan, bahkan kaki yang lebih besar.

Organ tubuh yang paling berpengaruh setelah seorang wanita melahirkan adalah daerah panggul. Bagian panggul bertanggung jawab saat membawa bayi selama hamil. Seringkali akibat kelelahan selama hamil, wanita mengalami inkontinensia.

Saat itulah, seorang wanita membutuhkan latihan senam Kegel seperti yang dikatakan pakar Dr. Arnold Kegel.

Latihan Kegel membantu memulihkan dan memperkuat otot-otot yang mengelilingi dan mendukung kandung kemih, rahim, rektum, dan uretra (otot panggul). Otot-otot ini dikenal sebagai otot pubococcygeal. Paska melahirkan, kegel mampu mencegah masalah kandung kemih wanita.

Latihan Kegel membantu Anda memperlambat atau menghentikan aliran air seni, serta otot-otot yang mencegah keluarnya gas.

Setelah faham otot-otot apa saja yang akan Anda latih selama melakukan kegel, berikut beberapa latihan gerakan Kegel.

  1. Berbaring dengan tangan di atas perut bagian bawah dan cobalah untuk tidak menggunakan atau menggerakkan perut Anda.
  2. Cobalah menarik otot panggul ke atas dan kemudian ke dalam dan tahan selama mungkin. Tahanlah posisi tubuh selama sepuluh detik.
  3. Perlahan-lahan lepaskan otot dan istirahat selama 10-20 detik.
  4. Tarik otot-otot panggul ke atas. Pada gerakan kedua ini, Anda sudah harus dapat merasakan otot-otot ‘ditarik’ ke atas.
  5. Ulangi gerakan sebanyak Anda bisa melakukannya.

Cara sederhana mengetahui apakah Anda sudah melakukan latihan secara akurat adalah dengan memasukkan salah satu jari Anda ke dalam organ intim (cuci tangan sebelum dan setelahnya).

Coba tekan otot-otot Anda. Jika merasakan otot-otot menegang di sekitar tempat yang Anda sentuhwalaupun hanya sedikit, berarti latihan Anda sudah membuahkan hasil. Lakukan latihan secara berulang-ulang.

Setelah melakukan gerakan Kegel selama beberapa minggu hingga satu bulan, Anda akan semakin mudah mengatasi kandung kemih dan mengencangkan organ intim.

Kegel tidak memerlukan biaya dan peralatan dan bisa dilakukan dimana saja. Beberapa studi menunjukkan, melakukan senam Kegel menurunkan 75 persen kebutuhan operasi akibat inkontinensia stres. Gerakan Kegel selama masa kehamilan juga berfungsi memperkuat otot panggul, dan mempercepat pemulihan pasca-melahirkan.

sumber: Irina Damayanti, Anda Nurlaila, VIVAnews.com

Apa sih manfaat senam kegel ?SocialTwist Tell-a-Friend

Senam Kegel untuk Kesehatan dan kepuasan Seks

Pernahkah Anda mendengar tentang senam kegel? Senam yang awalnya hanya dikenal sebagai cara bagi wanita usai melahirkan untuk menahan buang air kecil ini, kemudian justru lebih dikenal sebagai senam yang berkaitan dengan seks. Kalau begitu mungkin Anda ingin tahu lebih jauh mengenai senam ini? Atau justru baru mengetahui sekarang? Simaklah artikel berikut.

Seperti yang telah diutarakan di atas, senam kegel pertama kali ditujukan bagi wanita yang baru saja melahirkan yang mengalami kesulitan menahan kencing. Pada 1948 Dr. Kegel, seorang Ginekolog merekomendasikan senam ini bagi pasiennya yang baru melahirkan. Keluhan wanita yang baru saja melahirkan biasanya adalah kesulitan menahan buang air kecil.


Latihan ini memiliki hasil efektif untuk menguatkan otot pubococcygeus yang dapat memulihkan kondisi wanita setelah melahirkan. Uniknya, pasien wanita tersebut justru mendapatkan kenikmatan seksual luar biasa yang belum pernah dialami sebelum ia menerapkan senam kegel tersebut.

Otot pubococcygeus merupakan otot ’seksual’ utama pendukung vagina, penis, uterus, rectum, dan bagian tubuh lainnya yang berkaitan dengan fungsi seksual seperti ejakulasi dan orgasme, baik pada wanita maupun pria.

Lalu, bagaimana senam kegel ini dilakukan?

Sebelum mulai melakukan senam ini, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu letak otot pubococcygeus dan kemudian melatihnya. Otot ini adalah otot yang sama yang Anda gunakan saat Anda menahan kencing. Dalam keseharian karena berbagai alasan, terkadang kita harus menahan kencing. Tanpa kita sadari ada otot yang sebenarnya sedang bekerja pada saat itu untuk menahan agar air seni kita tidak keluar seketika, nah otot itulah yang akan kita latih dalam senam kegel ini.

Setelah Anda menemukan atau setidaknya menyadari dan merasakan letak otot pubococcygeus ini, Anda dapat mulai berlatih. Langkah paling mudah adalah dengan melakukan kontraksi pada otot ini dan menahan kontraksi tersebut dalam hitungan 10 detik, kemudian lepaskan kontraksi. Jika Anda tidak dapat menahan kontraksi dalam hitungan 10 detik, mulailah secara bertahap.



Di tahap awal Anda dapat mulai menahan kontraksi selama 3 hingga 5 detik, kemudian ditingkatkan dengan menghitung hingga 7 detik, hingga akhirnya Anda dapat menahan kontraksi hingga hitungan 10 detik. Dengan melakukan secara bertahap otot pubococcygeus ini akan semakin kuat. Ulangi latihan ini sepuluh kali setiap Anda melakukannya, jika sudah terbiasa Anda dapat meningkatkan frekuensi latihan anda.

Senam kegel selain sangat sederhana dan mudah dilakukan, juga tetap dapat Anda lakukan secara privasi. Hal ini menguntungkan, karena Anda dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun Anda mau. Dalam posisi duduk di kursi kantor, berdiri mengantri ATM, atau bahkan saat berbaring. Intinya senam kegel ini dapat dilakukan dan dijadikan kebiasaan positif kapanpun juga.

Untuk hasil maksimal, senam kegel sebaiknya dilakukan secara konstan setiap hari. Setelah 3 hingga 4 minggu, Anda akan merasakan manfaatnya. Lalu, apa saja manfaat dari senam kegel ini?

Manfaat senam kegel dapat dirasakan oleh pria dan wanita. Untuk para pria. latihan ini akan meningkatkan kemampuan mengontrol dan mengatasi ejakulasi dini, ereksi yang lebih kuat, dan meningkatkan kepuasan seksual saat orgasme. Selain itu multiple orgasme juga bisa dialami oleh pria sebagai hasil dari latihan senam kegel yang dilakukan secara teratur.

Sedangkan bagi wanita, keuntungan menjalani senam kegel adalah lebih mudah mencapai orgasme, dan orgasme yang dicapai bisa lebih baik karena otot yang dilatih adalah otot yang digunakan selama orgasme. Manfaat lainnya adalah vagina akan lebih sensitif dan peka rangsang sehingga memudahkan peningkatan kepuasan seksual, dan suami akan merasakan perubahan yang sangat besar karena vagina mampu mencengkram penis lebih kuat. Dan bagi wanita yang baru melahirkan, senam kegel dapat mempercepat pemulihan kondisi vagina setelah melahirkan, dan tentu saja seperti yang telah diuraikan di awal artikel ini, dapat membantu menahan buang air kecil.

Dengan begitu banyaknya manfaat positif dari senam kegel, baik untuk kesehatan maupun kehidupan seksual Anda, kenapa tidak Anda coba saja? Ajak juga pasangan Anda untuk rutin melakukannya, dan bersiaplah untuk kehidupan seksual yang lebih menggairahkan!

(Weddingku.com/Lbk)
Senam Kegel untuk Kesehatan dan kepuasan SeksSocialTwist Tell-a-Friend

Senam Kegel untuk Pria, Adakah ?

Senam kegel selama ini lebih banyak ditujukan untuk perempuan karena bisa meningkatkan kontraksi otot vagina. Tapi sebenarnya senam kegel juga bermanfat besar bagi laki-laki dalam mengendalikan ejakulasi.

Senam kegel berguna untuk melatih otot dasar panggul atau disebut dengan pubococcygeus (PC). Otot-otot yang bergerak adalah organ dalam panggul yaitu rahim, kantong kemih, dan usus.

Ilustrasi sederhana senam kegel ini seperti menahan dan melepaskan air seni, yang ketika itu dilakukan maka otot-otot panggul akan bergerak.

Teknik senam Kegel yang mudah dilakukan caranya adalah kontraksikan otot seperti menahan kencing untuk awalnya selama 5 detik, kemudian kendurkan. Terus ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan kencing 15-20 detik.

Latihan ini tergolong mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Latihan bisa dilakukan di kursi kerja, sambil duduk, sambil berjalan, sambil berdiri, atau berbaring.

Saat mengendarai mobil bahkan saat berada di kamar kecil pun dilakukan senam ini yang penting semua latihan ini dilakukan dalam keadaan tenang.

Dinamakan senam kegel karena pertama kali yang menemukan adalah Arnold Kegel, seorang dokter spesialis kandungan di Amerika yang prihatin melihat banyak perempuan hamil yang tidak bisa mengontrol buang air kecil. Orang yang sering mengompol dan penderita wasir juga dianjurkan melakukan senam Kegel.

Seperti dikutip dari AskMen, Rabu (30/6/2010) manfaat senam Kegel pada pria karena otot PC bisa mengontrol aliran air mani dan urine, kekuatan penis selama ereksi dan juga kekuatan tembakan saat ejakulasi.

Kerja otot PC pada pria bisa diamati dari gerakan penis yang naik turun dalam keadaan ereksi. Senam ini memberikan manfaat orgasme yang lebih intens, mencegah ejakulasi dini dan dapat melakukan hubungan seks yang lebih baik dan lebih lama.

Hal yang tidak dianjurkan adalah melakukan senam ini tapi konsentrasi pikirannya tertuju pada objek lain, karena menjadi tidak fokus terhadap otot PC yang sedang dilatih. Tempat yang paling tepat untuk melakukannya adalah sofa di depan televisi.

Sebaiknya tidak melakukan latihan ini secara berlebihan, terutama jika baru memulainya mulailah dari waktu yang singkat. Biasanya jika otot PC terlalu lemah, maka akan melibatkan otot perut dan paha sehingga seseorang perlu rileks terlebih dahulu baru memulai lagi.

sumber :
http://health.detik.com/read/2010/06/30/085542/1389819/766/senam-kegel-untuk-pria-bisa-mengendalikan-ejakulasi
Senam Kegel untuk Pria, Adakah ?SocialTwist Tell-a-Friend

Manfaat Senam Kegel

Senam kegel adalah senam untuk menguatkan otot panggul yang ditemukan oleh Dr. Kegel. Otot panggul atau otot PC (PuboCoccygeal Muscle) adalah otot yang melekat pada tulang-tulang panggul seperti ayunan dan berperan menggerakkan organ-organ dalam panggul yaitu rahim, kantong kemih, dan usus. Bila Anda menahan dan melepaskan air seni, berarti Anda sedang menggerakkan otot panggul. Cara lain untuk mengetahui otot panggul adalah dengan memasukkan jari Anda yang bersih ke dalam vagina, lalu menekannya. Otot-otot yang ‘mencengkeram’ jari Anda itu adalah otot panggul.

Manfaat Senam Kegel

Kehamilan, persalinan, kegemukan dan batuk berat dapat menjadi beban bagi otot panggul. Bila dasar otot panggul melemah, organ-organ panggul wanita akan melorot dan menonjol keluar lewat vagina. Kondisi tersebut dinamakan prolapsis uterus atau vagina yang seringkali membuat wanita kencing dan buang air tanpa sengaja (Jawa: pecirit). Senam kegel yang teratur dapat mencegah hal tersebut. Selain itu, senam kegel juga bermanfaat untuk:

  • Memudahkan kelahiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir (tanpa atau sedikit ‘jahitan’)
  • Meningkatkan kepuasan seksual (karena lebih kuatnya ‘daya cengkeram’ vagina)
  • Mencegah ambein/wasir
  • Mencegah ‘ngompol kecil’ saat bersin dan batuk

Cara Melakukan Senam Kegel

  • Mulailah dengan mengencangkan otot panggul Anda selama lima detik, kendurkan lima detik, lalu kencangkan lagi. Lakukan 10 kali berturut-turut, tiga kali sehari. Anda bisa melakukannya sambil bekerja di kantor, menonton TV atau membaca majalah. Fokuskan pada bagian otot panggul di sekitar vagina dan anus saja, jangan sampai otot perut, paha atau pantat ikut tertarik. Bernafaslah seperti biasa, jangan menahan nafas.
  • Bila Anda sudah terbiasa dengan latihan di atas, lakukan pengencangan dan pengendoran otot panggul secepat mungkin 10 sampai 20 kali berturut-turut. Ulangi sampai 10 kali sehari.
  • Anda bisa juga mencoba ‘teknik elevator’. Kencangkan otot panggul, lalu secara bertahap lepaskan seperti lift yang turun dari lantai empat dan berhenti di setiap lantai. Ulangi sampai 10 kali sehari.

Bila Anda melakukan senam kegel secara teratur, dalam waktu 8 hingga 12 minggu Anda sudah dapat merasakan manfaatnya. Lakukanlah sepanjang hidup Anda, tidak sebatas pada saat hamil. Bila rajin melakukan senam kegel sejak muda, maka di saat tua otot panggul Anda tetap kuat. Anda akan terhindar dari mengompol, sulit menahan kencing dan masalah lainnya yang sering dialami para lansia.

diambil dari ::sehatbugar::

Manfaat Senam KegelSocialTwist Tell-a-Friend

Bagaimana cara melakukan senam kegel

Cara melakukan senam kegel

Pertama, anda perlu mengetahui dimana otot ini berada dan seperti apa rasanya sehingga bisa melatihnya. Otot pubococcygeus adalah otot yang sama seperti saat anda menahan kencing. Saat anda kencing, cobalah untuk menahan aliran kencing dan teruskan kembali. Otot untuk menghentikan dan meneruskan kembali aliran kencing itulah otot yang akan dilatih.

Setelah menemukan dan merasakan otot pubococcygeus, anda dapat mulai berlatih. Yang paling gampang dilakukan adalah lakukan kontraksi pada otot ini, tahan selama hitungan 10 detik, kemudian rilekskan. Jika anda tidak dapat menahan kontraksi dalam hitungan tersebut, jangan patah arang, untuk itulah mengapa perlu berlatih senam kegel. Secara bertahap, otot ini akan semakin kuat. Ulangi langkah ini 10 kali pada kesempatan pertama dan tingkatkan intensitasnya pada kesempatan berikut.

Senam kegel selain sederhana dan mudah dilakukan, hanya membutuhkan beberapa menit dalam sehari. Bahkan orang lain tidak akan mengetahui saat anda berlatih kapanpun dan dimanapun. Di dalam mobil, antri ATM, saat berjalan, ketika menonton TV, saat berbaring, duduk, atau saat berjalan di escalator. Intinya, senam kegel bisa dilakukan dan dijadikan kebiasaan positif kapanpun juga.

Untuk hasil terbaik, senam kegel perlu dilakukan secara konstan setiap hari. Hasilnya tidak akan didapat dalam waktu sehari. Kebanyakan orang akan merasakan perubahan setelah 3 atau 4 minggu dengan berlatih beberapa menit setiap hari. Baik wanita maupun pria akan merasakan perubahan menakjubkan dengan kenikmatan saat senggama dan orgasme lebih intensif.

Teknik senam kegel

Teknik senam kegel ini dapat dilakukan selama 6 detik, dan anda dapat menghitung 1, 2 , 3 sampai 6 detik untuk menghitung saat melakukan latihan ini.
1. Kontraksi perlahan (hitung 1 detik )
2. Tetap kontraksi ( detik ke 2 )
3. Tetap kontraksi ( detik ke 3 )
4. Tetap kontraksi ( detik ke 4 )
5. Kontraksikan sekuat mungkin ( detik ke 5 )
6. Rileks ( detik ke 6 ) sebelum mulai langkah pertama kembali.

Anda dapat melakukan langkah tersebut selama kurang lebih 20 menit setiap hari. Dan alternatif lain yang lebih efektif dengan tahapan langkah tambahan sebagai berikut:
1-5. sama seperti diatas
6. Rileks 5 detik
7. Kontraksikan dengan cepat dan keras
8. Rileks (cepat)
9. Kontraksi (cepat)
10. Rileks (cepat)
11. Kontraksi (cepat)
12. Rileks beberapa detik dan mulai lagi pada nomor 1.

Alternatif teknik lain :
1. Kontraksi perlahan 5 detik
2. Kontraksi lebih keras 5 detik
3. Kontraksi sekuat mungkin 5 detik
4. Rileks 5 detik dan ulangi langkah 1

Agak sulit membayangkan bagaimana latihannya khan ?
Jika tertarik dengan panduan video lengkapnya, saya pernah
menemukannya. cobalah klik panduan video disini .

sumber disadur dari :
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080406000959AAd4M3t
Bagaimana cara melakukan senam kegelSocialTwist Tell-a-Friend

Senam Kegel buat kebahagian Wanita


Seks merupakan salah satu jalan meraih kebahagiaan pasangan suami istri. Jika dalam hal satu ini terjadi masalah meski sepele, bisa bikin hidup jadi memble. Saat berhubungan intim, kebanyakan wanita hanya satu atau dua kali saja merasakan orgasme. Sementara para pria dihadapkan lebih banyak masalah seks seperti tuntutan fungsi organ fital seperti ejakulasi dini ataupun disfungsi ereksi dan lainnya. Artinya betapa rentannya keharmonisan rumah tangga lantaran tidak terpenuhinya kebutuhan biologis yang memuaskan kedua belah pihak, yakni suami dan istri.

Kasus seks yang banyak dikeluhkan adalah menurunnya kekuatan fisik dan kekuatan organ seks seiring bertambahnya usia. Kondisi tersebut tidak hanya mengganggu kualitas hubungan seks, tapi lebih lanjut bisa mengancam kebahagiaan rumah tangga.

Seks bisa menjadi rutinitas yang membosankan, bila derajat kualitasnya tidak dipelihara. Menurunnya kemampuan fisik maupun organ seksual secara alami, bisa memicu kejenuhan itu.

Bagaimana suami dapat melakukan variasi gerakan, jika lengan dan lututnya tak lagi mampu menyangga tubuh? Bagaimana pula istri dapat menikmati sekaligus memuaskan pasangan, bila untuk mengangkat (maaf) pantat saja tak mampu? Gambaran itu hanya sebagian kecil betapa hubungan seks yang optimal sangat membutuhkan kekuatan dan kelenturan tubuh serta organ seks.

Selain itu untuk menikmati kehidupan seksual juga diperlukan kecerdasan. Makna kecerdasan di sini yaitu kemampuan seseorang dalam memahami seks dan tahu cara menggunakannya secara benar dan reaktif.

Keberhasilan seorang istri mencapai orgasme tak selamanya 100 persen dipengaruhi kemampuan seksual pasangannya. Apakah suami yang mengalami ejakulasi dini, ukuran alat vitalnya kecil, pendek, hingga impotensi. Tapi faktor sang istripun turut memberi andil. Pasalnya persoalan seks adalah persoalan berdua. Dengan aktif melakukan senam untuk kesehatan organ intim (Senam V) atau istilah lainnya kegel, seorang wanita bisa mencapai kenikmatan orgasme yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

Butuh Kelenturan

Menurut para pakar seks, kekuatan fisik dan organ seks secara alami mempengaruhi kualitas kehidupan seksual seseorang. Faktor kelenturan tubuh dan kekuatan fisik serta kemampuan organ seks merupakan rangkaian yang amat diperlukan.

Tidak semata-mata untuk kenikmatan seks, tapi untuk kesehatan tubuh dan jiwa secara menyeluruh juga. Karena itu masyarakat dianjurkan untuk tidak latah menyebut setiap senam yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan seksual sebagai senam seks. Senam itu pun tak terbatas hanya untuk pria atau wanita, karena semua memerlukannya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk meningkatkan kualitas seksual ada beberapa latihan, yaitu mulai dari latihan sensual, latihan seksual dan latihan kebugaran seksual. Kegel merupakan bagian dari latihan seksual.

Menahan Kencing

Kegel adalah suatu latihan otot dasar panggul Puboccoccygeus (PC) yang semula dipergunakan untuk terapi pada perempuan yang tidak mampu mengontrol keluarnya urin. Sebagian besar perempuan yang tak terlatih akan mengalami penurunan uterus akibat kelemahan dan penipisan otot PC.

Keadaan ini tampak jelas bila dilihat dari samping pada penampang dengan menarik garis ujung tulang ekor ke bawah tulang kemaluan. Pada orang yang memiliki otot PC baik maka uterus masih berada di atas garis tersebut, sedangkan mereka yang mempunyai otot PC lemah letak uterus telah berada di bawah garis.

Untuk memperbaikinya maka diperkenalkan senam oleh Dr. Arnold Kegel sejak tahun 1945. Senam ini merupakan rangkaian gerakan yang berfungsi untuk melatih kontraksi otot PC berkali-kali dengan tujuan meningkatkan tonus dan kontraksi otot.

Menurut para pakar seks, hasilnya secara tidak langsung juga mempengaruhi otot-otot dasar panggul dan sekitarnya termasuk organ seksual. Tapi secara umum tentu dapat meningkatkan kemampuan fisik.

Perempuan yang mempunyai kemampuan kontraksi otot-otot dasar panggul lebih kuat, apakah itu kekuatan konstraksi sesaat, menahan kontraksi, maupun daya tahan kontraksi pasti mempunya kemampuan menikmati seks yang lebih baik. Wanita yang terlatih mempunyai kepekaan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak terlatih.

Gerakan dasar senam Kegel sebenarnya cukup sederhana. Caranya dengan melakukan kontraksi otot PC berulang kali, minimal 2 kali sehari sebanyak 10 kali kontraksi tiap latihan. Hal ini dapat dilakukan seperti menahan air kencing.

Namun sebetulnya latihan ini tidak sesederhana yang diucapkan. Perlu ada pelatihan dengan instruktur khusus yang memang menguasai dasar-dasar fisiologi olahraga dan seksologi. Selain itu ada alat ukur yang pasti untuk mengevaluasi kebenaran gerakan. Meski kelihatan mudah, tak jarang orang merasa sulit melakukannya pada awalnya.

Kegel memang lebih ditujukan untuk wanita, tapi tidak ada salahnya jika pria juga mencobanya. Tujuan utamanya sama yaitu untuk melatih otot PC. Jadi tidak ada perbedaan untuk penggunaannya bagi pria dan wanita.

Seperti dilaporkan oleh Dr. Kegel, enam minggu sesudah operasi pada area Miss V setelah melahirkan, akan terjadi penipisan (atrofi) dan kelemahan otot, khususnya otot perineum (daerah antara alat genital dan anus). Karena itu perlu diperbaiki agar tonus otot lebih baik dan pulih kembali.

Latihan yang dilakukan minimal enam minggu akan menunjukkan manfaatnya. Sementara untuk pria ternyata latihan Kegel ini telah dikembangkan sejak tahun 1978 oleh Zilberger. Namun prinsip utamanya tetap pada latihan penguatan otot-otot panggul. Latihan ini bermanfaat menguatkan otot panggul termasuk penis serta menambah kemampuan potensi seksual. Dan hasilnya ternyata memuaskan.

Selain senam Kegel sangat dianjurkan untuk melatih otot lengan, bahu, lutut, paha, dan bagian tubuh lainnya. Untuk itu dapat dilakukan olahraga seperti jogging, renang, atau gerakan-gerakan dengan hentakan rendah (low impact). [www.astaga.com]

sumber disadur dari :
http://www.dechacare.com/Senam-Kegel-Meningkatkan-Gairah-Seks-I215.html
Senam Kegel buat kebahagian WanitaSocialTwist Tell-a-Friend